Jumat, 13 Desember 2013

Macam-Macam Hukum Islam dalam Mazhab Al-Imam Syafi'i R.A.

Berapakah Banyaknya Hukum Islam Itu ?

Hukum Islam Ada 5:
1. Fardhu
2. Sunnah
3. Mubah
4. Haram
5. Makruh

1. Apa Fardhu Itu  ?
     Fardhu ialah : Sesuatu yang Wajib untuk mengerjakannya, maka apabila seorang mukallaf (dewasa) mengerjakannya, maka akan mendapatkan pahala, dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan siksaan (dosa).

Berapa jenisnya fardhu itu ?
Jenis fardhu itu ada 2 : 
a. fardhu 'ain, : yaitu  suatu perkara yang wajib untuk dikerjakan oleh seorang mukallaf (dewasa) seperti Sholat dan Puasa.

b. fardhu kifayah. : yaitu suatu perkara yang wajib untuk dikerjakan oleh semua orang-orang mukallaf dan apabila salah satu diantara orang mukallaf tersebut telah mengerjakan perkara fardhu kifayah tersebut maka gugur dari semua yang ditetapkan wajib mengerjakannya, seperti Sholat Jenazah.

 2. Apa Sunnah Itu ?
     Sunnah Ialah: perkara yang dianjurkan untuk mengerjakannya, maka barang siapa mengerjakannya akan mendapatkan ganjaran pahala dan barang siapa yang meninggalkannya tidak akan mendapatkan siksaan/ dosa.

3. Apa Mubah Itu ?
     Mubah Ialah: Suatu perkara yang dibolehkan kepada seorang manusia untuk mengerjakannya dan meninggalkannya dan tidak ada ganjaran pahala di dalam perkara mubah tersebut serta tidak ada siksaan.

4. Apa Haram Itu ?
     Haram Ialah: Suatu perkara yang wajib untuk meninggalkannya, maka barang siapa mengerjakan perkara tersebut akan mendapatkan siksaan, dan barang siapa meninggalkannya maka akan mendapatkan pahala.

5. Apa Makruh Itu ?
     Makruh Ialah: Suatu perkara yang dianjurkan untuk meninggalkannya,maka barang siapa meninggalkan perkara tersebut akan mendapatkan ganjaran Pahala dan barang siapa mengerjakannya tidak akan mendapatkan siksaan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin lebih mengetahui tentang islam. Serta tak lupa Kritik dan Saraan sangat saya butuhkan untuk lebih sempurnanya tulisan ini.
Wallahu a'lam Bis showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar